RSS

THE 7-HABITS OF HIGHLY EFFECTIVA PEOPLE

13 Jul

“THE 7-HABITS OF HIGHLY EFFECTIVA PEOPLE : POWERFUL LESSONS IN PERSONAL CHANGE”
(Tujuh Kebiasaan Orang yang Sangat Efektif, Pelajaran Penting dalam Perubahan Pribadi).
Covey mengurai tujuh ciri khas orang sukses :
1. Kebiasaan 1 : Proaktif
Kata proaktif sudah umum dalam literature manajeman, namun kata ini takkan anada temukan dalam banyak kamus lebih dari sekedar mengambil inisiatif. Padahal kata ini mengandung arti bahwa selaku manusia, kita bertanggungjawab apda kehidupan diri kita sendiri. Perilaku kita adalah fungsi keputusan kita , bukan kondisi kita. Kita memiliki inisiatif dan tanggung jawab untuk mewujudkan sesuatu. Perhatikan kata : “responsibility”… “respon-ability”.. ability to choose your ability (kemampuan memilih respons yang ada). Orang yang sangat proaktif mengenali tanggung jawab itu.
Mereka tidak menyalahkan keadaan, kondisi atau pengkodisian atas perilaku mereka. Allah SWT menyatakan dalam Ar-Ra’ad 13 ; “Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”.

2. Kebiasaan-2 : Mulai dengan tujuan dalam pikiran kita.
Memulai dengan tujuan dalam pikiran, didasari pada prinsip hawa semua hal diciptakan dua kali. Ciptaan pertama adalah mental (niat atau penyusunan tujuan yang terdiri atas vis, misi, dan tujuan) dan ada ciptaan kedua yaitu 7 karakter menuju sukses fisik terhadap semua hal. Kebiasaan kedua ini didasarkan pada prinsip kepemimpinan pribadi. Kepemimpinan bukanlah manajemen.

3. Kebiasaan-3 : Utamakan yang paling penting
kebiasaan 3 adalah ciptaan kedua, ciptaan fisik ini adalah dari kebiasaan 1 dan 2 merupakan pelaksanaan yang bebas kea rah terpusatnya pada prinsip untuk menggunakan kebebasan kita dalam memilih hanya melakukan hal jpenting dalam kehidupan, dan tidak membuang waktu untuk kegiatan yang tak penting baik yang mendesak atau tidak (Q.S. 23 : 1-3).

4. Kebiasaan-4 : Berpikir menang/menang
Berfikir menang/menang memerlukan tiga nilai karakter, yakni integritas, kedewasaan (keseimbangan antara keberanian dan pertimbangan), dan mentalitas berlebihan.

5. Kebiasaan-5 : Upayakan pertama kali untuk mengerti kemungkinan dimengerti
Kebiasaaan kelima ini merupakan kualitas keberanian yang seimbang dengan pertimbangan. Bukankah anda piker yang diperlukan pertama kali adalah keberanian dan pertimbangan, bukannya yang dipahami ? Paradigma manakah yang menurut Anda lebih baik diterapkan dalam kehidupan.
“ Mengambil dan memberi “ atau “ Memberi dan menerima” Allah SWT menyatakan dalam Q.S.55 : 60-61 : “tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula). Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan”.

6. Kebiasaan-6 : Sinergi
Kalau dipahami dengan tepat, sinergi adalah aktifitas tertinggi dalam seluruh kehidupan ujian dan manifestasi sejati dari semua kebiasaan lain yang dikumpulkan. Kalau didefinisikan dengan sederhana, sinergi berarti keseluruhan lebih besar dari pada jumlah bagian bagian itu. Allah SWT mengingatkan dalam Az-Zumar : 39 : “ Katakanlah : “Hai kaumku, bekerjalah sesuai dengan keadaanmu, sesungguhnya aku akan bekerja (pula), maka kelak kamu akan mengetahui..”.

7. Kebiasaan-7 : Mengasah Gergaji
Kebiasaan ketujuh ini melingkupi kebiasaan kebiasaan lain. Karena inilah yang membuat semua kebiasan kebiasaan lainnya itu menjadi mungkin. Kebiasaan ini memelihara dan meningkatkan asset terbesar yang anda miliki. Kebiasaan ini memperbarui keempat dimensi sifat anda : fisik, spiritual, mental dan social/emosional Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk menyibukkan diri kita, sehingga tak punya waktu lagi untuk mencari kesalahan orang lain.

*). (Tujuh Kebiasaan Orang yang Sangat Efektif, Pelajaran Penting dalam Perubahan Pribadi).
Saturday, February 10, 2007

Iklan
 
Komentar Dinonaktifkan pada THE 7-HABITS OF HIGHLY EFFECTIVA PEOPLE

Ditulis oleh pada Juli 13, 2007 in Pengajian

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: