Pyelonepritis acut by azhar (1)

29 januari – 2 februari azhar harus opname di Jogja International Hospital karena panas tinggi 40-an sampai 4 hari dan diagnosa dokter anak bukan karena indikasi types atau DB tapi karena radang ginjal (pyelonepritis) hasil dari USG. penyebabnya adalah karena lubang penisnya yang terlalu kecil sehingga bakteri menyerang ke kandung kemih sehingga menjadi radang kandung kemih (cystitis) dan berujung ke radang ginjal (pyelonepritis) sebelah kiri.

sepulang dari opname, rencana untuk sunat sudah ada tapi menunda hingga ada rejeki akhir bulan ini… namun Allah berkehendak lain, hari jumat 6 februari, di sekolahnya azhar kencing berdarah segar… hingga guru-gurunya panik dan melaporkan ke ibunya… dan tak begitu lama aku ditelpon…. namun aku mencoba untuk tenang…  karena pas siang itu di kantor ada rencana rapat … ya smoga smua bersabar…

tindakan tepat ibunya adalah disamping ngabari aku juga laporan telpon ke dokter anak untuk segera check urine segera mungkin… pada waktu itu urin azhar memang agak keruh… dan siangnya hasil lab tersebut ternyata albuminnya tinggi, keruh, banyak bakteri, dll. dan rencana malamnya kami harus konsultasi langsung dengan dokter.

sepulang dari kantor, ibunya banyak cerita tentang kondisi azhar, malam itupun kami pergi ke dokter untuk konsultasi. dan kedatangan kami  disambut raut muka dan pernyataan  bersalah dari dokternya karena kenapa setelah pulang opname, azhar tidak langsung di sunat ??!!. tapi tidak ada waktu untuk menyesali dan menyalahi siapapun yang harus segera dikerjakan adalah solusi. malam itu juga dokter memberi resep obat untuk 2 hari setelah itu harus cek urin, bila hasilnya buruk maka dengan terpaksa harus opname namun bila alhamd hasilnya baik maka sesegera untuk sunat.

selama dua hari, sabtu dan ahad kami focus untuk memberi obat dan memperhatikan kesehatan azhar. semula hari ahad berencana pergi ke pantai paris untuk terapi flek rahma dan azhar, namun smua di cancel. dan malam minggunya aku pergi ke paramita utama lab di jakal untuk minta botol sampel urin dipake hari senin pagi.

senin paginya,  hape berdering ternyata bude azhar di pundong ngaruhke keponakane, dan aku hanya bisa mohon doa kesehatan untuk azhar dan keluarganya. karena senin pagi ini penentuan ‘sehat’ azhar. tepat jam 06.00 pagi azhar bangun dan ku ajak ke kamar mandi untuk pipis biar diambil sampelnya. setelah itu ak mlaju ke pramita utama jakal untuk cek lab. dan hasil labnya bisa dilihat jam.10.00.

pagi itupun aku memaksakan untuk pergi ke kantor dengan perasaan gundah.. dan berharap ibunya bisa tetap tabah, sabar.

sambung lagi….. ke circumcision by azhar (2)

Iklan