RSS

SIDIPLIN (DISIPLIN) TIDUR ANAK

09 Mar

(DISIPLIN/DISIPILIN ) SIDIPLIN TIDUR ANAK

ketidakstabilan emosi anak karena pengaruh kesehatannya dan salah satu faktor karena kurang tidur pada anak. sikap yang muncul adalah anak susah dibangunkan tidur paginnya, ngambek/suka marah, suka beralasan/mengelak jika melakukan kesalahan, kadang juga melempar cemooh atau mukul kepada orang tuanya.

kedisiplinan tepat waktu tidur lebih awal sehingga jam biologis teratur sangat perlu diterapkan oleh orang tua dan anak dan bahkan menjadi KESEPAKATAN.

pada dasarnya bisa dimulai jam 20.00 WIB dengan ketatnya disipilin dan konsekuensi orang tua. tidur lebih awal dan teratur sangat bermanfaat kesehatan bagi anak dan orang tua juga.

bilapun orang tua mempunyai pekerjaan, dapat dilakukan seusai anak-anak terlelap tidur sehingga demikian juga tidak mengganggu aktifitas kerja orangtua.

saat jelang menidurkan anak adalah moment kebersamaan orang tua – anak , dan sudah menjadi HAK ANAK untuk wajib dipenuhi.

sebelum anak tertidur harus beberapa aktifitas yang dilakukan yaitu : anak harus dibersihkan dengan mengganti baju, cuci muka/tangan/kaki, sikat gigi dll. dan ruangan bermain tadi dibersihkan bersama2.

cara menidurkanpun beragam, ada yang sudah menjadi kebiasaan anak yaitu dibacakan buku cerita, bercerita dongeng dan dikipasin, dan masih banyak lagi.

dan proses tertidur anakpun berbeda beda (ini harus dipahami dan SABARi oleh orang tua). menurut hsl beberapa penelitan dengan responden 501 anak tentang proses tertidur anak yaitu ; lama anak tertidur sekitar 40 menit dan rata-rata 20 menit, dan bahkan sampai 3 jam proses menidurkan itu berlangsung.

demikian ‘belajar tulis’ ini, mungkin ada sobat yang pengin sharing pengalaman silakan…

idetulisandepan : ‘meraba raba minat/kesukaan anak’

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 9, 2010 in Asal Coret

 

Tag: , , ,

2 responses to “SIDIPLIN (DISIPLIN) TIDUR ANAK

  1. fara

    Maret 9, 2010 at 8:26 am

    betul pak, saya punya ponakan dan sering dilatih bundanya seperti itu pula…
    dan memang bisa mendidik dan mendisiplinkan anak… 😀

     
  2. Tomy Meilando

    Maret 9, 2010 at 3:02 am

    wah mantap juga infonya, benar2 harus sabar kalau anak susah tidur, mungkin di bacakan cerita/dongeng, hehe atau di putarkan lagu2 easy listening

     
 
%d blogger menyukai ini: