RSS

Penyakit Flu Singapura

06 Des

(15.00)

pada waktu itu rencana qta mao liat kali code yang meluap akibat merapi. namun mendung hitam dan terasa rintik rintik sehingga rencana tsb terbatalkan demi kesehatan anak-anak.  dan sirahma begitu lemes tdk ceria, dan badanya hangat dan mata tidak memancar keriangan namun sayu.. malam itu badan sirahma panas dan beberapa kali muntah bila dikasih obat panas.. bikin resah juga….

(keesokan harinya)

dikantor, aku disms tentang kabar sakitnya sirahma ternyata dilihat ada tanda-tanda sariawan di dalam mulut sirahma, diagnosa awal terkena flu singapura, tapi masih tahap awal pada mulut. seketika itu ak langsung tanya ama paman google dan ditemukan blog tetangga yang berisi tentang penanganan flu singapura alias hand foot mouth disease.

smua ilmunya aku terapkan dan sekurang2nya tidak bikin cemas..

sekilas tentang PENGOBATANNYA :

Penyakit ini bersifat self limited (sembuh dengan sendirinya) dalam 7-10 hari, sehingga tidak ada pengobatan yang spesifik. Meski begitu, seyogyanya periksa ke dokter untuk meredakan keluhan. Perawatan dan pengobatan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Istirahat ( di rumah ).
  • Perawatan suportif yakni dengan minum dalam jumlah cukup untuk menghindari kekurangan cairan. Mengupayakan makan makanan bergizi. namun perlu diingat bahwa upaya ini tidak mudah karena anak tidak mau minum dan makan akibat nyeri telan.
  • Pengobatan simptomatis (untuk meredakan keluhan), diantaranya: obat pereda demam dan antiseptik mulut serta obat-onat lain yang diperlukan untuk meredakan keluhan yang timbul.

Jangan lupa untuk tetap mandi agar penderita terjaga kebersihannya.

Apabila terjadi infeksi sekunder oleh kuman pada lepuhan akibat garukan, dapat diberikan obat anti-infeksi topikal (krim, salep)

(hari berikutnya, hari ini)

alhamdulillah sudah sehat saat aku tulis blog ini. tapi sekarang malah siazhar, kakaknya tadi pagi mengeluh sakit demam mungkin terkena virusnya..

Iklan
 
Komentar Dinonaktifkan pada Penyakit Flu Singapura

Ditulis oleh pada Desember 6, 2010 in Pengobatan

 

Tag:

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: