Nyidam Gastritis

Sekelumit tentang Gastritis

gastritis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding lambung terutama pada mukosa lambung dapat bersifat akut dan kronik. definisi lain Penyakit Gastritis adalah suatu peradangan pada lambung yang disebabkan oleh beberapa kondisi yang kompleks dan saling berkaitan. Kondisi yang menyebabkan gastritis atau gastritis adalah infeksi Helicobacter pylori, trauma fisik, stress, pola makan yang tidak teratur, dll.

Gejala gastritis

Gejala atau sakit gastritis memiliki beberapa tanda bahkan kadang – kadang gejalanya samar tergantung dari berat ringannya gastritis. Gejala sakit gastritis ringan biasanya hanya berupa kembung dan sering bersendawa sementara gejala sakit gastritis berat atau gastritis kronis seperti rasa perih seperti terbakar pada daerah ulu hati. Gejala sakit gastritis berupa :

  1. Perih atau sakit seperti terbakar pada perut bagian atas yang dapat menjadi lebih baik atau lebih buruk ketika makan
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Kehilangan selera makan
  5. Kembung
  6. Terasa penuh pada perut bagian atas setelah makan
  7. Kehilangan berat badan

Pengobatan gastritis

Mengobati gastritis harus melibatkan pengaturan pola hidup, pola makan dan manajemen stress pada penderita gastritis. Tujuan pengobatan gastritis adalah menetralkan asam lambung, mengurangi pengeluaran asam lambung, mengurangi gejala – gejala akibat iritasi lambung, memperbaiki kondisi dinding lambung yang rusak akibat iritasi lambung dan meningkatkan aliran darah ke lambung.

Pola hidup untuk pengobatan gastritis adalah mengatur pola tidur dan olahraga. Hindari tidur bagadang atau larut malam dan usahakan bangun pagi atau subuh. Berolah raga secara teratur minimal 3xseminggu sangat membantu proses penyembuhan gastritis. Olah raga secara teratur akan memperlancar aliran darah ke lambung sehingga mempercepat penyembuhan luka pada lambung.

Pola makan pada penderita gastritis adalah makan sedikit – sedikit, tidak kenyang juga tidak lapar. Hindari makan makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti makan makanan yang kecut, asem, saos dan pedas. Penderita gastritis tidak boleh menunda waktu makan, namun jika tidak sempat makan maka makanlah snack atau kue untuk menetralkan asam lambung, jika tidak ada snack atau kue maka minumlah yang banyak untuk membantu menetralkan asam lambung.

Obat tradisional dan Herbal gastritis

Obat tradisional atau Herbal untuk gastritis yang sering digunakan adalah temu lawak. Herbal temulawak sangat bagus untuk memperbaiki kesehatan pencernaan diantaranya adalah gastritis dan penyakit kandung empedu.

Source copy paste : http://dokter-herbal.com/penyakit-gastritis.html

 

Usia kehamilan sudah hampir 8 bulan ini, sudah 2 x opname ke RSI karena GASTRITIS…

kesakitan yang tiba-tiba dan segala upaya medis telah dilakukan..

kasian istriku….. Ya Syifa.. dengarkanlah rintihan kesakitannya dan berikan obat penawarnya Ya Syifa…

Iklan