Cuti dan Uang Tambahan Jajan

CUTI BERSAMA pada Senin 16 Mei 2011 berdasarkan SK Cuti bersama No 2/2011 Menteri Agama dan Kep Menteri Tenaga Kerja No 120/MEN/V/2011 serta SK Menpan SKB/01/M.PAN-RB/5/2011 Menpan-RB yang diterbitkan 13 Mei 2011.

pagi ini saat aku keluar rumah untuk berangkat kantor, tiba tiba dihampiri oleh ibu tetangga yang sudah tua berumur 80-an dan hidupnya dari dana pensiunan suaminya di pertamina.

ibu tua celetuk ; ‘mas, apa gak libur karena cuti bersama?’
aku jawab ; ‘tidak bu, itu berlaku bagi PNS, bu’
ibu tua bertanya lagi ; ‘apa kantornya gak berlakukan cuti bersama kayak PNS?’
aku jawab dan coba menjelaskan ; ‘bu, klo PNS itu mao kerja, atau bolos, atau tidur, atau cuti sekalipun tetap dapat gaji dan bisa makan sehari hari, klo orang swasta kayak saya ini klo libur trus anak-istri makan apa tho bu !!’
ibu tua ; ‘ya, klo kayak saya gini mas, cuma pensiunan ya tetep aja libur selalu dan gaji nggak naik2’
aku merenung ketika mendengar perkataan ibu tua itu, lah jelas tho klo dah pensiun ya sudah cukup untuk sekarang istirahat kan.
aku jawab ; ‘bu, jangankan berfikir cuti, kemaren hari minggu yang jelas jelas hari libur aja saya harus ngantor karena ya untuk cari tambahan jajan untuk anak-anak. ya semoga keluarga saya ini harus istiqomah sabar’

kemudian aku pamit, setelah istri datang dan ngobrol kepada ibu tua itu.. akupun juga tidak mau terlambat masuk kantor karena ngejar uang transport untuk tambahan jajan untuk anak-anak..

sesampai di kantor, aku mengerjakan tugas yang sudah aku targetkan hari ini (senin) selesai dan alhamdulillah selesai…

kepada temen2 PNS selamat berlibur dan berbelanja..

..kepuasan hari ini qta memang berbeda..

