Renovasi Rumah Lama di Jogjakarta

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan yang dirahmati Allah,  saya orang tua dari 3 anak. Hingga untuk kebutuhan rumah harus direncanakan dengan baik. Rencananya masing – masing anak punya kamar sendiri, mohon bantuan untuk membuat disain renovasi ruang-ruang dalam rumah kami.

Rumah kami adalah rumah kuno, model rumah th 80-an (gambar terlampir).  Kebutuhannya ; penataan, penambahan/perubahan ruang pada rumah. Adapun keinginan saya adalah sebagai berikut ;

  1. 2 (dua) kamar mandi belakang/luar
  2. dapur (tempat kompor, asah2 dan rak piring)
  3. tempat cuci dan jemuran
  4. 1 (satu) kamar mandi tengah/dalam
  5. 4 (empat) kamar tidur
  6. ruang keluarga
  7. ruang tamu
  8. ruang makan
  9. 1 (satu) kamar tidur pelayan / setrika
  10. pelebaran garasi menjadi 3 – 4 meter
  11. ruang gudang
  12. tempat cucian dan jemuran
  13. taman depan dan belakang rumah ada kolam lele

Demikian pertanyaan saya, Jika bisa, disain dibuat secara bertahap jadi tidak berat biaya renovasinya.  Demikian pertanyaan kami, terimakasih atas perhatiannya.Jazakumullah khairan katsiro.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Ridwan – Pandeyan Jogjakarta

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Ridwan di Jogja, semoga Allah melapangkan rizki bapak karena hendak memuliakan keluarga dengan memberikan rumah yang terbaik. Walaupun dengan pola renovasi bertahap, insya Allah sudah merupakan itikad yang baik.

Pak Ridwan dan netters eramuslim sekalian, setelah saya perhatikan pola denah lama rumah ini, maka saya punya kesimpulan bahwa rumah ini sangat besar untuk ukuran bapak. Namun pola tatanan ruang serta ukurannya tidak efektif. Hingga rumah yang besar ini seperti tidak terasa luasnya.

Ada 2 kamar mandi di belakang yang saling berdekatan. Ruang tamu yang terlalu besar padahal tamu jarang berkunjung ke rumah. Lebar area samping rumah yang tanggung hingga tidak cukup untuk masuk mobil. Deretan kamar di sisi kanan yang membuat sirkulasi hawa buntu. Itulah beberapa permasalahan secara umum dari disain rumah lama Pak Ridwan.

Untuk itu saya coba perbaiki mulai dari kamar tidur. Saya buat taman di samping kamar tidur anak 2 hingga ada bukaan yang cukup untuk akses hawa dan cahaya. Ruang tamu dijadikan ruang tidur utama plus wc – nya.

ridwan jogja DENAH EKSIS

Denah Eksisting (kiri) & Denah Renovasi (Kanan)

Setelah kamar saya perbaiki, kini kita pindah ke belakang. Kamar mandi paling belakang dibongkar saja. Hingga kita memiliki ruang cuci jemur. Lalu kamar belakang dibagi 2 hingga kita memiliki gudang dan ruang pelayan.

Perbaikan terkahir adalah menggeser tembok depan hingga kita memiliki carport dan ruang tamu dengan ukuran yang wajar. Setelah itu kamar mandi baru bisa kita selipkan di dekat ruang tamu. Hingga kita memiliki kamar mandi di tengah ruang.

Tampak Muka ( Ridwan Jogja )

Untuk bagian muka saya buat minimalis saja agar hemat dan mudah pengerjaannya. Dengan memisahkan taman di carport serta taman di depan ruang tidur utama. Hingga kita memiliki privasi yang jelas antara publik area dan private area.

ridwan jogja VIEW 2

Atap  saya buat model pelana memanjang ke belakang saja. Hingga biayanya murah serta sederhana tanpa ada tekukan sambungan atap yang membuat rawan bocor. Di tambah talang beton di sisi kanan atap membuat atap ini benar – benar mudah perawatannya.

ridwan jogja VIEW 3

Ini gambar terakhir yang menunjukan pola atap dari pandangan atas. Terlihat area service di belakang dan di samping saya buatkan atap transparan hingga tetap ada cahaya masuk. Serta gang lama di kiri bangunan saya jadikan taman yang segar. Hingga sirkulasi hawa tidak buntu.

Alhamdulillah, selesai sudah disain Pak Ridwan. Cukup sekian dulu jumpa kita. Semoga jika ada waktu saya bisa berkunjung ke Jogja. Mampir ke rumah Pak Ridwan. Karena untuk perkiraan biaya akan lebih mudah jika melihat langsung di lapangan.

Demikian netters sekalian, terimakasih atas aksesnya ke eramuslim. Doakan kami agar bisa tetap istiqomah berdakwah melalui arsitektur Islami. akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – andanarsitek@yahoo.com

Iklan