RSS

[Akademik] Tes Kemampuan Diferensial (TKD), Belajar & Susunlah !!

16 Jan
Tes Kemampuan Diferensial(TKD)
Dibawah tahun 1976 dikenal dengan nama TINTUM’69. Bentuk tes Intellegensi Umum. Tahun 1976 diteliti oleh Wibowo, S. dan ternyata TINTUM’69 cocok untuk mengetahui Kemampuan Differensial. Tahun 1976 TINTUM’69 dirubah namanya dengan “Tes Kemampuan Differensial”. Digunakan untuk seleksi calon mahasiswa, seleksi calon karyawan, termasuk promosi & mutasi karyawan. Disusun berdasarkan teori “Multiple Factor” dari Thurstone, L.L., & Thurstone, T.G. (1941).
Kegunaan masing-masing subtes:
  • Comprehension, kemampuan dalam bersikap terhadap situasi sosial praktis dan judgement.
  • Information, kemampuan dalam mewaspadai dunia luar, ruang lingkup pengetahuan, minat, perhatian terhadap lingkungan dan daya ingat terhadap masa lampau.
  • Analogi Verbal, kemampuan dalam logika bahasa, daya abstraksi dan analogi berpikir verbal.
  • Logika, kemampuan dalam bernalar secara logis, menempatkan hal-hal rasional dan mampu beradaptasi.
  • Aritmatika, kemampuan dalam penalaran hitung, berhitung dengan angka dan teliti.
  • Deret Angka, kemampuan dalam penalaran hitung dengan angka, logika berpikir dan nonverbal, daya abstraksi dan ketelitian.
  • Sinonim, kemampuan dalam berpikir analogis dan kritis terhadap situasi.
  • Mencari Ketidaksamaan, kemampuan dalam diskriminasi dan generalisasi dalam berpikir.
  • Completition, kemampuan dalam bidang daya bayang ruang dan persepsi keruangan.
  • Perception, kemampuan dalam ketepatan persepsi kritis terhadap pembedaan 2 gambar.
Adapun, Tes Potensi Akademik ini umumnya memiliki empat jenis soal. Yaitu, tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar.
Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.
Tes angka berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.
Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.
Sedangkan tes spasial atau tes gambar, berfungsi mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini meliputi antara lain tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.

source full : http://gdpsy.blogspot.com/2012/10/konstruksi-alat-ukur-pert-4.html

Iklan
 
Komentar Dinonaktifkan pada [Akademik] Tes Kemampuan Diferensial (TKD), Belajar & Susunlah !!

Ditulis oleh pada Januari 16, 2014 in Asal Coret

 

Tag: , , , , ,

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: